Cara Membuat Disclaimer Blog Dalam Waktu 5 Menit!!!

0
4
views

Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog – Sebelum membuat disclaimer, anda harus mengetahui dulu apasih disclaimer, apa gunanya untuk blog?

Jika anda memiliki blog hanya sebagai curhatan anda tanpa berniat untuk memasang iklan maka disclaimer tidak berguna. Tetapi jika tujuan komersial ini sangat penting. Apalagi jika anda ingin mendaftar sebagai publisher Google Adsense.

Disclaimer menjadi salah satu hal yang sangat penting selain privacy policy dan contact us. Hal ini juga membuat blog anda terlihat lebih profesional.

Walaupun ketika anda sudah memasang privacy policy dan contact us, sebenarnya itu sudah lengkap. Apalagi hanya sekedar blog.

Baca juga: 5 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog

Hampir seluruh website atau blog profesional memiliki TOS, Privacy Policy, Disclaimer dan Contact Us. Bagian ini memang kadang tidak tertera dengan jelas, karena ini hanya dianggap sebagai pelengkap juga.

Biasanya diletakan dibagian paling atas atau paling bawah pada blog.

Disclaimer sendiri merupakan sebuah pernyataan yang bahwa segala sesuatu yang dimuat di dalam blog atau website yang bersangkutan semata-mata hanya sebagai informasi serta pemilik tidak beranggung jawab atas informasi yang disampaikan pada blog atau website tersebut.

Lalu, apa legal disclaimer dapat dianggap sebagai exit clause apabila ada pelanggaran yang menyangkut hal-hal yang diformulasikan dalam terms & conditions serta privacy policy sebuah blog atau website? lalu gimana posisi legal disclaimer dalam UU ITE?

Baca juga :

Jawaban ini saya dapatkan dari  Graham J.H. Smith dalam bukunya “Internet Law and Regulation”.

Pada dasarnya Graham menjelaskan bahwa, pada dasarnya disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca blog akan dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada blog tersebut, termasuk pada disclaimer.

Di Indonesia sendiri, pencantuman disclaimer pada situs tidak melepas tanggung jawab hukum dari si pemilik/pengelola blog yang bersangkutan. Itu yang tertera dalam UU ITE yang menjadi pedoman hukum di Tanah Air ini.

Lalu bagaimana cara membuat disclaimer ?

Sebenarnya dalam membuat disclaimer sendiri ada banyak cara. Salah satunya adalah menulis sendiri . Menulis sendiri bukanlah perkara yang mudah, hal ini juga memakan waktu yang banyak.

Ada salah satu cara membuat disclaimer dengan mudah, yaitu dengan menggunakan tools atau situs online yang menyediakan pembuatan disclaimer secara gratis.

Penasaran ingin membuat disclaimer? ikuti tutorial berikut ini :

  • Pertama buka dulu situs Privacy Policy Online.
  • Pada halaman utama, pilih Disclaimer Generator. Perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Membuat Disclaimer Blog
Your Site Title : Ketikan judul Blog anda
Your Site URL : Ketikan alamat blog Anda
Contact Link : Ketikan laman contact us Anda
Email Address : Ketikan Email untuk menghubungi Anda.
Email Encryption: Ada tiga pilihan, mau tidak pakai Encryption, HTML atau JavaScript.

 

  •  Jika semua sudah diisi, sekarang silahkan anda klik Generate Disclaimer. Seperti contoh gambar diatas
  • Maka akan keluar Disclaimer yang telah anda buat lihat gambar dibawah ini
Cara Membuat Disclaimer Blog

 

  • Cara menggunakan di blog yaitu dengan copy semua kode yang muncul seperti gambar diatas.
  • Kemudian buatlah laman baru di blog, pilih menu HTML.
  • Lalu pastekan dan jangan lupa isi judulnya ya.
Cara Membuat Disclaimer Blog
Sekrang blog anda sudah terpasang Disclaimer. Gimana mudah gak Cara Membuat Disclaimer nya ? Jika ditasa ada kesalahan mohon dimaafkan ya. Saya hanyalah seorang manusia yang sering kali melakukan kesalahan.
Dan untuk yang ingin ditanyakan bisa dikolom komentar ya. Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here